Tetap Shalat Jumat, Ini yang Dilakukan di Masjid Modern Kurir Langit Terkait Corona

Barru Corona
Edukasi virus corona bersama jamaah shalat Jumat Masjid Kurir Langit (foto : Kurir Langit)

Terkini.id, Barru – Tetap laksanakan shalat Jumat pada 20 Maret 2020, Masjid Modern Kurir Langit lakukan beberapa hal ini terkait corona.

Kamis, 19 Maret 2020 dilakukan penyemprotan pada segenap ruang masjid dan asrama santri menggunakan desinfektan buatan santri. (ini videonya)

Jumat, 20 Maret 2020 pagi dilakukan pembersihan halaman dan beberapa bagian masjid menggunakan sabun.

Masjid Modern Kurir Langit – Barru (foto : Kurir Langit)

Aktifitas di Baitul Maal sebagai tempat penerimaan Ziswaf pun masih berjalan seperti biasa.

Setiap tamu dan donatur yang datang diarahkan untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer, begitu pula sebelum tamu beranjak meninggalkan Baitul Maal kembali diajak untuk cuci tangan kembali menggunakan hand sanitizer yang disiapkan.

Begitu pula dengan jamaah shalat Jumat. Sebelum menaiki tangga menuju tempat wudhu, jamaah diajak mencuci tangan dengan sabun pada air kran yang mengalir oleh santri yang bertugas.

Jamaah shalat Jumat diarahkan mencuci tangan dengan sabun sebelumberwudhu atau memasuki masjid (foto : Kurir Langit)

Bertindak sebagai khatib, Dr. Umar Mansyur Ar Rahimy mengajak jamaah senantiasa bersandar pada Allah.

“Tak ada hal yang terjadi kecuali atas izin Allah termasuk dalam menghadapi wabah corona namun kita tetap menjaga kewaspadaan dan berikhtiar menghindari potensi-potensi penularan,” kata Dr. Umar dalam khutbahnya.

“Perbanyak taubat, perbanyak dzikir, perbanyak sedekah dan amal shaleh lainnya, jadikan kejadian akhir-akhir menjadi kesempatan untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT,” tambahnya.

Dr. Umar Mansyur Ar Rahimy bertindak sebagai khatib salat Jumat di Masjid Modern Kurir Langit (foto : Kurir Langit)

Setelah selesai shalat Jumat, Presiden Masjid Modern Kurir Langit A.Muhammad Nur Syahid mengambil kesempatan untuk menyampaikan beberapa slide edukasi tentang virus covid-19 atau corona.

“Hari ini MUI Provinsi Sul-Sel telah mengeluarkan edaran bahwa shalat Jumat ditiadakan dan diganti dengan shalat Dhuhur dirumah demi memotong siklus penyebaran wabah corona. Namun MUI Kab. Barru tetap menganjurkan shalat Jumat di masjid dengan pertimbangan Barru bukan berada zona merah atau zona kuning penyebaran virus ini,” Syahid memulai penyampaiannya.

Edukasi tentang virus corona oleh Presiden Masjid Modern Kurir Langit (foto : Kurir Langit)

“Dan pada kesempatan ini ada baiknya kita memahami beberapa hal tentang virus corona ini sehingga kita bisa mengetahui cara menangani atau mencegahnya,” Syahid melanjutkan dan menerangkan slide demi slide yang ada.

Jamaah shalat Jumat mengikuti dengan serius dukasi tentang virus corona (foto : Kurir Langit)

“Penyampaian ini sebagai ikhtiar kita mencegah penyebaran virus ini, kemudian hari ini kita tetap makan siang bersama seperti biasanya namun kami minta maaf karena harus meniadakan penggunaan sendok karena kami yakin tangan kita ini masih lebih bersih dari pada sendok yang telah dipakai banyak orang. Makan pakai tangan juga adalah salah satu sunnah Rasulullah SAW”, Syahid menutup penyampaiannya.

Jamaah shalat Jumat mencuci tangan dengan hand sanitizer sebelum meninggalkan masjid (foto : Kurir Langit)

Jamaah kembali diarahkan mencuci tangan denga hand sanitizer sebelum meninggalkan lantai dua Masjid Modern Kurir Langit menuju lantai satu untuk menikmati makan siang bersama yang telah disiapkan ibu-ibu Berbagi Nasi Jumat (SiJum) Masjid Kurir Langit.

Makan siang ini disupport dari Infaq Rp. 10.000 untuk satu porsi dari donatur/keluarga masjid. Info lengkap tentang program ini bisa cek akun instagram @masjid_kurirlangit.

Makan siang bersama setelah salat Jumat (foto : Kurir Langit)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Handphone Hilang, Nenek Pemulung di Gubuk Kardus Ini Hilang Kontak dengan Keluarga

Tak Lagi Mampu Bayar Kontrakan, Suami Istri Pemulung Ini Tinggal di Gubuk Kardus

Ratusan Santri Tahfidz Masuk Pondok, Masjid Kurir Langit Lakukan Rapid Test Massal

JK Ucapkan Selamat Pada Siswa SMP Islam Athirah 1 Makassar

Kepala SMP Islam Athira Menangis Haru Dalam Penamatan Virtual

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar