Beredar Video Menteri Agama Izinkan Tarawih Bersama Saat Pandemi Corona, Ini Faktanya

Menteri Agama
Menteri Agama Fachrul Razi (foto: ist)

Terkini.id, Jakarta – Setelah Kementerian Agama mengeluarkan Surat Edaran No.6 Menag 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H di tengah Pandemi Wabah Covid-19, santer beredar sebuah video berdurasi 37 detik yang menampilkan petikan pernyataan Menteri Agama Fachrul Razi yang bertolak belakang dengan isi Surat Edaran tersebut.

Video yang dikirim secara berantai dan menjadi perdebatan di media sosial Whatsapp dan Facebook tersebut, disertai pesan seperti ini :

BERITA GEMBIRA, Menteri Agama Fahrur Rozi mengizinkan masjid2 untuk melaksanakan sholat tarawih, buka puasa bersama dll di bulan Ramadhan tahun ini dengan tetap menjaga kebersihan dan kewaspadaan.

Video Menteri Agama yang lagi santer di perbincangkan di media sosial (foto: screenshot)

Dalam video tersebut menteri agama menyampaikan sebagai berikut:

“Mengambil air wudhu betul-betul yakinkan air itu mengalir dengan baik, kemudian di tiap-tiap tempat wudhu tersebut kami siapkan sabun dan antiseptik, mudah-mudahan dengan itu akan menjadi lebih baik, penularan penyakit menjadi lebih kecil. Kemudian hal lain kami informasikan juga bahwa sebentar lagi akan Ramadan, kami sepakat, Ramadan tarawih maupun buka puasa bersama tetap kita adakan sebagaimana biasa,kecuali ada perubahan situasi yang membuat situasi sangat jelek, kecuali itu ya.Mudah-mudahan tidak akan terjadi. Kalau itu kita akan ambil langkah-langkah lain,” ujar Menteri Agama.

Pesan berantai tentang Video Menteri Agama di media sosial (foto: screenshot)
Baca juga:

Dikutip dari laman resmi www.kemenag.go.id, Kementerian Agama menyampaikan fakta tentang video tersebut sebagai berikut :

Pertama, video tersebut merupakan penggalan wawancara Menteri Agama dengan media usai mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan bersih-bersih di Istiqlal, pada tanggal 13 Maret 2020 atau sekitar 40 hari sebelum Ramadan tiba.

Kedua, terdapat dua hal yang disampaikan Menteri Agama pada saat itu. Pertama, tentang himbauan berwudhu dengan air mengalir dan masjid siapkan alat pembersih tangan. Kedua, Menteri Agama menyampaikan bahwa kegiatan Ramadan akan berjalan seperti biasa,kecuali jika keadaan berubah menjadi lebih buruk.

Ketiga, merespon perkembangan saat ini, Menteri Agama kemudian mengeluarkanSE No 6 tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H di tengah Pandemi Wabah Covid-19.

Dalam panduan yang bertujuan untuk mencegah meluasnya penyebaran covid-19 tersebut, Menteri Agama Fachrul Razi menghimbau umat muslim di Indonesia untuk melakukan tarawih dan tadarus di rumah selama Ramadan.

“Shalat Tarawih cukup dilakukan secara individual atau berjamaah bersama keluarga inti di rumah,” ujar Menteri Agama di Jakarta, Senin 6 April 2020

Jadi video berdurasi 37 detik yang beredar adalah penggalan wawancara Menteri Agama dengan media pada tanggal 13 Maret 2020 sebelum dikeluarkannya SE No 6 tahun 2020.

Komentar

Rekomendasi

Durasi 7 Menit, Ini Isi Khutbah Ustadz Kamaruddin Hasan di Masjid Nurul Ittihad

Shalat Jumat di Masjid Nurul Ittihad, Wakil Bupati Barru Sampaikan Hal Ini

Masjid Segera Dibuka Kembali, Ini Standar Protokol Covid-19 yang Wajib Dipatuhi

Laksana Bola Salju, Pasien Positif Pertama di Barru Menulari Lima Tenaga Medis Yang Merawatnya

Tahun Ketujuh, Kurir Langit Prioritaskan Beasiswa Pendidikan dan Pengembangan Pesantren Modern

Suardi Saleh: Selamat Milad ke 6 Kurir Langit, Terimakasih Telah Menjadi Inspirasi Bagi Kita Semua

Pulang Kampung, Santri Asal Pangkep Dinyatakan Positif Corona

Ditengah Pandemi Covid-19 Pelajar SMP Islam Athirah Bone Rilis Buku Biografi Motivasi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar