Dokter Hisbullah: Tips Menjangkau Daerah Terisolir Ulumanda, Sulawesi Barat

Hisbullah
dr. Hisbullah Amin pada saat berada di Ulumanda, Majene (foto: Fb Hisbullah Amin)

Terkini.id,Majene – Semenjak terjadinya gempa berskala yang menghancurkan sebagian daerah Mamuju dan Majene pekan lalu, banyak informasi beredar tentang banyaknya pengungsi yang butuh bantuan didaerah pegunungan perbatasan Majene-Mamuju, Sulawesi Barat.

Salah seorang relawan dokter yang selalu hadir paling awal di daerah-daerah bencana,  Hisbullah Amin saat ini kembali berada didaerah terdampak gempa Sulawesi Barat berbagi tips untuk para relawan yang ingin menyentuh langsung kamp pengungsian di pegunungan Ulumanda yang sangat ekstrem dan rawan longsor.

Dokter yang sekaligus pimpinan Pesantren Alam Indonesia ini telah menempuh medan ekstrem menuju daerah terisolir dengan menggunakan motor dan jalan kaki pada Kamis, 20 Januari 2021 lalu. Bahkan dokter His sampai ketinggalan tas selempang berisi  semua kartu identitasnya pada saat mengunjungi Puskesmas Ulumanda.

Tips tersebut ditulisnya yang ditulisnya pada salah satu postingan di akun facebook pribadinya, Sabtu 23 Januari 2021 seperti berikut;

Saya melihat bahwa sudah banyak teman2 relawan yg ingin berkontribusi mengunjungi daerah terpemcil di Kecamatan Ulumanda, berikut tips jika akan berkunjung via darat.

1. Jika start dari Mamuju atau Majene, sebaiknya istirahat atau bermalam di Desa Kabiraan sambil beradaptasi dan mengumpulkan informasi dari masyarakat tentang rute dan situasi terakhir misalnya titik longsor atau ada longsoran baru.

2. Usahakan start pagi2 jika tujuan akhirnya adalah Desa Popenga atau Desa Panggalo.

3. Berangkat secara berkelompok jika menggunakan motor, minimal 4 orang karena kemungkinan akan saling membantu utk mendorong, menarik atau mengangkat motor. Jika hanya sendiri atau berdua sebaiknya menunggu penduduk lokal yg keluar belanja atau ambil logistik utk berangkat beriringan.

4. Pastikan membawa perbekalan air minum atau makanan siap saji. Jika tdk mau repot bawa saja kurma dan madu.

5. Gunakan motor trail atau motor kebun yg sudah dimodifikasi termasuk penambahan rantai di ban motornya. Jangan lupa bawa kunci2, tang, obeng. Salah satunya bawa parang utk memotong kayu yg melintang atau utk memikul motor.

6. Jangan lupa bawa perlengkapan penunjang seperti jas hujan karena setiap saat bisa hujan. Senter kepala, bila perlu bawa HT karena diatas tdk ada signal. Salah satu motor bawa jerigen bensin karena terakhir saya ke sana sdh tidak ada dijual bensin botolan. Perlengkapan pribadi, pakaian, sabun odol secukupnya saja agar tdk terlalu berat. Saya sarankan menggunakan sepatu boot dan siap utk jalan kaki jika motor rusak atau rantainya putus. 

7. Jangan berlama2 di titik longsoran misalnya selfi2 atau bikin dokumentasi video karena hampir semua longsoran tidak stabil sewaktu2 tanah bergerak atau batu berjatuhan. Sebaiknya sebelum menyeberang lihat2 dulu ke atas longsoran atau ada satu orang yg melihat longsoran ketika temannya nyebrang. Jangan sama sekali menyebrangi longsoran saat hujan atau malam hari.

8. Bila sampai pertigaan jalan silahkan memilih ke kanan menuju Taukong lanjut ke Panggalo atau ke kiri menuju Paku – Ulumanda – Popenga. Nampaknya waktu akan kasip jika dalam sehari mengunjungi 4 desa tsb. Saya sarankan terus langsung ke Panggalo, lalu balik dan bermalam di Taukong/Tandeallo. Istirahat dan besok pagi baru melanjutkan ke Desa Ulumanda – Desa Popenga. 

9. Perjalanan pulang bisa ambil jalur lain yaitu di depan kantor camat Ulumanda belok kanan turun melalui dusun Tamarimbi – masuk ke Wilayah Kecamatan Malunda yaitu Dusun Salutakkaan – Desa Lombang timur – Lombang – Keluar  di jalan poros samping Koramil Malunda. 

10. Jangan lupa berdoa seraya membaca Bismillahi tawakkaltu alallahi laa haula wa laa kuwwata illa billah. 

Semoga bermanfaat Fii amanilah 

dr. Hisbullah
Relawan Bencana

Silahkan SHARE !!!

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Gubernur Sul-Sel Ditangkap KPK, Begini Kronologinya

Co-Founder Mall Sampah dan Owner Ana Interior Jadi Pembicara Webinar Bisnis ITB Kalla

Peringati HPSN, InsWA Sampaikan 10 Hal ini

Ketua DPRD Sul-Sel Kunjungi Masjid Percontohan Nasional di Barru

SD Islam Athirah 2 Makassar Adakan Peringatan Isra’ Mi’raj Bersama Ustadz Abdul Somad

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar